Page Nav

10

Grid

SNIPSET

true
true

Pages

Breaking News:

latest

Dari Desa Untuk Indonesia

Saat melakukan panen raya padi di areal seluas 300 hektar di Wapeko, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Minggu (10/5/2015), Presiden Jokowi y...


Saat melakukan panen raya padi di areal seluas 300 hektar di Wapeko, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Minggu (10/5/2015), Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Iriana Widodo dihadapan ratusan petani mengatakan Merauke ke depan akan menjadi sumber pangan nasional bahkan mungkin juga dapat menjadi pemasok untuk negara lainnya.
Kunjungan Jokowi ke tanah Papua untuk kedua kalinya menegaskan janjinya untuk sering berkunjung ke Bumi Cenderawasih, sekaligus menjadi komitmen pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran atau dari desa.
Apa yang dilakukan presiden tersebut sejalan dengan arah kebijakan dan strategi pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, khususnya pedesaan. Disitu ditegaskan bahwa strategi pembangunan ditujukan pada desa dan kawasan perdesaan, termasuk di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, kawasan transmigrasi, serta kepulauan dan pulau kecil.
Sasaran tersebut dicapai lewat penanggulangan kemiskinan di desa, melalui strategi: (a) meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat desa melalui fasilitasi, pembinaan, maupun pendampingan dalam pengembangan usaha, bantuan permodalan/kredit, dan kesempatan berusaha; (b) menyiapkan kebijakan jaring pengaman sosial melalui jaminan sosial bagi masyarakat desa.
Panen raya yang dilakukan di Merauke merupakan salah satu cara meningkatkan ketahanan ekonomi desa. Desa diharapkan bisa memenuhi kebutuhan sendiri. Bahkan dalam jangka panjang, beras dari Papua bukan saja bisa memenuhi kebutuhan beras di sana, tapi menjadi lumbung beras baru bagi wilayah lain di luar Papua.
Tentu, untuk meraih target tersebut dibutuhkan pembinaan. Sebab hasil produksi hasil pertanian sangat tergantung serangkaian, mulai dari pemilihan bibit, pengolahan tanah, pemeliharaan, penanganan masa panen, dan pengolahan pascapanen. Pendampingan yang berkesinambungan dari para praktisi pada petani secara bertahap akan membawa petani pada keberhasilan. Khususnya dalam pertanian, produktivitas yang tinggi umumnya melibatkan cara-cara baru.
Sementara masyarakat desa masih menggunakan teknologi lama yang kurang mendukung produktivitas. Kuncinya ada ketelatenan pendamping dan keterbukaan petani untuk mau menerima hal baru. Seringkali modal menjadi faktor yang menentukan dalam mengembangkan usaha di pedesaan. Banyak warga umumnya menggeluti bidang sesuai dengan potensi yang ada di desa tersebut. Di salah satu desa di Indramayu yang berbatasan dengan pantai utara Laut Jawa, beberapa warga memproduksi kerupuk ikan. Lewat sedikit modal yang mereka kumpulkan secara mandiri.
Secara ekonomi mereka bisa menghidupi keluarganya, namun tak bisa meningkatkan produksi karena terbatasnya alat produksi. Bahkan mesin-mesin tersebut kadang rusak karena memang sudah lama. Dengan bantuan modal Rp 10 juta-Rp 15 juta dari pemerintah mereka tentu akan dapat berlari lebih kencang. Sementara warga yang menjual ikan eceran rupanya butuh wadah penyimpanan ikan sementara, agar kondisi ikan tetap segar. Ternyata harganya juga tak mahal.
Contoh di atas menunjukkan, bantuan modal pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah peningkatan produksi. Memberi kesempatan berusaha seringkali menjadi faktor kunci memberdayakan masyarakat desa. Misalnya menyediakan tempat berjualan di pasar dengan sistem subsidi, mengajak mereka dalam berbagai pameran menjadi ajang promosi agar produk makin dikenal. Terakhir adalah memberi jaring pengaman sosial, karena hasil pertanian yang menopang kehidupan mereka mengalami pasang surut sejalan dengan naik-turunnya kondisi ekonomi.
Dengan dukungan yang tepat sasaran, kita akan melihat lima tahun ke depan masyarakat desa akan mencapai tingkat kesejahteraan yang tinggi. Dan banyak orang desa bangga dengan desanya, tidak harus berurbanisasi ke kota untuk meraih cita-citanya.
sumber : www.presidenri.go.id/

1 comment

  1. ,,.,KISAH NYATA , , , ,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 150 juta dan di bank totalnya 350 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan ustad K.H.Muh.Rasheed hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi beliau. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an.
    Silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 1M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih Ustad K.H.Muh.Rasheed saya tidak akan melupakan jasa Pak ustad. ANDA TAK PERLU RAGU HARUS TERTIPU KARNA SY SUDAH BUKTIKAN.(AMAN TANPA TUMBAL).

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.