Page Nav

10

Grid

SNIPSET

true
true

Pages

Breaking News:

latest

Sanggar Seni Lingga Pananjung Cibugel Dibangun Melalui Dana Desa Untuk Kembangkan Kreatifitas dan Prestasi

Desa Cibugel adalah sebuah desa yang berada di kecamatan yang bernama sama, Kecamatan Cibugel. Desa ini terletak di pusat Kecamatan Cibugel ...


Desa Cibugel adalah sebuah desa yang berada di kecamatan yang bernama sama, Kecamatan Cibugel. Desa ini terletak di pusat Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya Desa Cibugel mencakup wilayah Desa Cibugel sendiri dan Desa Jayamandiri. Namun semenjak tahun 2008, Desa Cibugel dimekarkan menjadi dua desa yaitu Desa Cibugel sendiri dan Desa Jayamandiri.

Salah satu potensi yang ada di desa cibugel adalah potensi seni dan budaya,  di desa cibugel masih terdapat kesenian tradisional yang masih dipelihara. Salah satu diantaranya adalah kesenian tradisional jaipong, upacara adat, calung, degung, tarian dan kesenian moderen. Potensi inilah yang mendorong Pemerintah Desa Cibugel untuk mengembangkan dan memajukan kebudayaan/seni tradisonal yang ada di desanya. Sehingga pada tahun 2016 pemerintah desa menganggarkan pembangunan Sanggar Seni Lingga Pananjung yang dibiayai dari Dana Desa.

Menurut Siti Maryam, pengurus sekaligus pelatih sanggar, saat dihubungi melalui whatsap, menyebutkan “ bahwa dengan telah dibangunnya sanggar ini kami dapat berkreasi  secara maksimal dan nyaman, dan ini terbukti dengan dilibatkannya kami dalam beberapa even budaya yang telah digelar, seperti dalam kegiatan lomba-lomba, milangkala kecamatan, sampai dengan even yang digelar di kabupaten” paparnya.



Secara terpisah Kades Cibugel, Rusman, saat dikonfirmasi penulis, menyebutkan bahwa “ pembangunan sanggar tersebut semata-mata untuk menyediakan ruang publik bagi masyarakat dalam mengembangkan kreatifitas dan prestasi dalam bidang seni dan budaya, apalagi salah satu prioritas penggunaan dana desa adalah untuk pelayanan pendidikan dan kebudayaan” Pungkasnya.
Presiden Jokowi meminta agar dana desa yang dialokasikan tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa saja, melainkan dapat digunakan pula untuk menunjang program inovasi desa dan segala hal yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia. ( Asj )




No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.