Page Nav

10

Grid

SNIPSET

true
true

Pages

Breaking News:

latest

KOMITMEN SEORANG MUSLIM DI BULAN RAMADHAN

Tanpa disadari, kita sudah berada dipenghujung bulan Sya'ban (bulan kedelapan dalam hitungan Hijriyah). Ini berarti dalam beberapa...



Tanpa disadari, kita sudah berada dipenghujung bulan Sya'ban (bulan kedelapan dalam hitungan Hijriyah). Ini berarti dalam beberapa hari kedepan kita akan memasuki bulan Ramadhan. Bulan penuh berkah, melimpah rahmat dan penuh ampunan. Allah Swt menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang paling mulia dan istimewa. Karenanya, umat Islam sangat bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Mereka menyambutnya dengan penuh keimanan karena berpuasa Ramadhan suatu kewajiban dan termasuk rukun Islam yang ke-4. Allah berfirman:

ياأيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون. 

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.





Umat Islam juga menjadikan bulan Ramadhan sebagai ajang peningkatan iman dan taqwa kepada Allah Swt dengan berbagai macam ibadah untuk meraih keutamaan-keutamaan di bulan tersebut. Tidak seyogyanya bagi setiap muslim melewati kesempatan ini untuk menambah aset kebaikan untuk diri kita masing-masing dengan menunaikan sholat tarawih, bershodaqah, berdzikir dan memperbanyak baca Al-Qur'an karena di bulan ini diturunkannya Al-Qur'an, sebagaimana diterangkan dalam firman-Nya:

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان.

Al-Qur'an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Maka tiada musibah yang lebih besar dari perginya bulan Ramadhan. Jika langit dan bumi saja menangis untuk umat Nabi Muhammad, maka lebih-lebih kita harus menangis dan menyesal karena terputusnya segala karunia dan kemuliaan serta kebajikan-kebajikan yang terkandung dalam bulan Ramadhan.

Seorang yang bijaksana harus mengetahui kebesaran dan kemuliaan bulan Ramadhan sambil menjaga dan membersihkan diri, karena tidak ada jaminan apakah kita akan berjumpa dengan Ramadhan yang akan datang atau tidak, dan kita harus mewaspadai dari sifat-sifat yang akan mengurangi kualitas ibadah puasa kita yang mengakibatkan kurangnya pahala atau sirna sama sekali. Karenanya, jahuilah ghibah, karena ghibah akan menggugurkan pahala puasa kita, bahkan menurut sebagian ulama dapat membatalkan puasa. 

Kita perlu mengoptimalkan semangat ibadah dalam Ramadhan ini, tapi hati-hati jangan sampai terjerumus dalam riya' dan ujub. Misalnya menulis di media sosial terkait ibadah yang kita jalani. Meskipun hal tersebut tidak dilarang (haram), tetapi menutup pintu riya' dan ujub jauh lebih baik. Semoga Allah Swt memudahkan kita semua mendapatkan ampunan-Nya di bulan yang mulia ini. 

Guslik An-Namiri
Rais Syuriyah MWCINU Riyadh dan Ketua Forum Silaturrahim WNI Riyad)

Sumber : http://www.nu.or.id