PERSYARATAN DAN TATA CARA PEMEBUATAN KK DAN KTP - PEMERINTAH DESA TAMANSARI

Breaking

Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang, Alamat : Jalan Raya Darmaraja-Cibugel KM 06 Antara I Tamansari Sumedang Kode Pos 45375

PERSYARATAN DAN TATA CARA PEMEBUATAN KK DAN KTP



KARTU KELUARGA ( KK )

PERSYARATAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA ( KK )

           Penduduk WNI wajib melaporkan susunan Keluarganya kepada Instansi pelaksana melalui Lurah dan Camat, Penerbitan KK dilakukan setelah memenuhi syarat :

a.  Surat Pengantar RT dan RW
b.  Ijin tinggal tetap bagi orang asing
c.  Foto copi Kutipan Akta Nikah/Kutipan Akta Perkawinan
d.  Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah Datang dalam wilayah NKRI
e.  Surat Keterangan datang dari Luar Negeri bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah
f.   Kartu Keluarga (KK) lama karena penambahan/pengurangan anggota Keluarga

INSTANSI PENERBIT KARTU KELUARGA

             Kartu Keluarga diterbitkan oleh Instansi  Pelayanan Administrasi Kependudukan, dalam hal ini di Kabupaten Sumedang dikeluarkan/diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang (Produk Disdukcapil).

TATA CARA MEBUAT KK


  1. melakukan registrasi di tingkat RT/RW/DUSUN      
  2.  Meminta Surat Pengantar Penerbitan KK ke tingkat Desa.
  3. Membawa Surat Pengantar sebagaimana tersebut di point (2) ke tingkat Kecamatan, untuk kemudian di registrasi.
  4. Menyerahkan Surat pengantar ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, untuk kemudian diprose penerbitan KK

KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)



           Penerbitan KTP baru bagi penduduk WNI,dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :

a.  Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin
b.  Surat pengantar RT/RW dan Formulir Validasi dari Desa atau Kelurahan
c.  Poto copy Kartu Keluarga
d.  Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi Penduduk yang belum berusia 17 tahun
e.  Kutipan Akta Kelahiran
f.  Tanda bukti atau resi telah di enroll e KTP bagi yang sudah melakukan Perekaman e KTP
f.   Fass Foto 2 x 3

          Penerbitan KTP karena hilang atau rusak bagi penduduk WNI ,dilakukan setelah  memenuhi syarat berupa :

a.   Surat keterangan kehilangan dari kepolisian atau KTP yang rusak
b.   Fotokopi KK

          Penerbitan KTP karena pindah datang bagi penduduk WNI dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :

a.   Surat Keterangan Pindah/Surat Keterangan Pindah datang
b.   Foto Copy KK
c.   Foto Copy Surat Kawin

         KTP atau sekarang disebut juga KTP Elektronik (e-KTP/KTP el) mempunyai  mempunyai kelebihan-kelebihan dari produk-produk KTP sebelumnya, diantaranya adanya chip yang memuat identitas penduduk sehingga data KTP tidak dapat dipalsukan, serta terakhir dengan dikeluarkannya Undang-undang Nomor  24 tahun 2013 yang menerangkan bahwa penerbitan e-KTP/KTP-el berlaku seumur hidup, meskipun tertera masa berlaku sampai dengan tanggal di e-KTP/KTP-el , selain hal tersebut sebagaimana surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 471.13/1826/sj disebutkan bahwa instansi terkait yang memberikan pelayanan kepada pengguna e-KTP/KTP-el tidak diperkenankan melaksanakan foto copy e-KTP/KTP-el, harus menyediakan Card Reader (alat pembaca chip) sehingga penduduk yang menggunakan e-KTP/KTP-el tidak harus melakukan foto copy KTP.


INSTANSI PENERBIT e-KTP/KTP-el

             e-KTP/KTP-el diterbitkan oleh Instansi  Pelayanan Administrasi Kependudukan, dalam hal ini di Kabupaten Sumedang dikeluarkan/diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang (Produk Disdukcapil)

TATA CARA MEMBUAT KTP ( KTP el )

  1. Penduduk Wajib KTP melakukan registrasi di tingkat RT/RW/DUSUN      
  2.  Meminta Surat Pengantar Penerbitan e-KTP/KTP-el ke tingkat Desa dengan membawa foto copy KK dan Pas poto
  3. Membawa Surat Pengantar sebagaimana tersebut di point (2) ke tingkat Kecamatan, untuk kemudian di registrasi dan dilakukan perekaman data elektronik (pengambilan poto, tanda tangan, sidik jari, scan mata
  4. Menyerahkan Surat pengantar ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang, untuk kemudian diprose penerbitan e-KTP/KTP-el

Untuk mengetahui lebih jelas tentang Peraturan Perundang-Undangan Tentang Administrasi Kependudukan Silahkan Download Disini