MUSRENBANG DESA TAMANSARI TAHUN 2016 - PEMERINTAH DESA TAMANSARI

Breaking

Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang, Alamat : Jalan Raya Darmaraja-Cibugel KM 06 Antara I Tamansari Sumedang Kode Pos 45375

MUSRENBANG DESA TAMANSARI TAHUN 2016



PELAKSANAAN MUSRENBANG DESA TAMANSARI

Sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014, tentang Pedoman Pembanguna Desa, disebutkan bahwa Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemer­intah Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna peman­faatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.
Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musdus. Hasil dari musrenbang desa/kelurahan akan diusulkan di tingkat kecamatan.
Pemerintah Desa Tamansari Kecamatan Sumedang beserta unsur terkait telah melaksanakan beberapa tahapan kegiatan Musrenbang tahun 2016, yang dilaksanakan pada minggu ke II dan ke III bulan Januari tahun 2016. Kegiatan ini dimulai dengan tahapan musdus yang dilaksanakan di tiap-tiap dusun yang ada di Desa Tamansari. Dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Desa. Peserta kegiatan ini terdiri dari berbagai pihak terkait dengan pembangunan desa, seperti RT / RW, Kepala Dusun, Kelompok Organisasi Kemasyarakatan, Pemerintah Desa, BPD, dan Unsur dari Kecamatan sebagai fasilitator.
Tujuan umum pelaksanaan kegiatan musrenbang desa yaiyu mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa. Sedangkan tujuan khusus yaitu bertujuan untuk :
  1. Menampung dan membahas usulan Musdus ;
  2. Menetap usulan Prioritas hasil Musdus yang akan dibawa untuk dibahas di tingkat Desa
  3. Menetapkan usulan yang akan didanai oleh DD/ADD/APBD I / APBD II.
  4. Menetapkan usulan kegiatan yang kan diajukan pada musrenbang Kecamatan;
  5. Menetapkan delegasi Musrenbangdes yang akan mengikuti musrenbang kecamatan.