Page Nav

10

Grid

SNIPSET

true
true

Pages

Breaking News:

latest

Partisipasi Masyarakat Desa Jadi Kunci Suksesnya Pembangunan Nasional

JAKARTA – Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sadu Wasistiono mengatakan, desa membagun telah menjadi konsep strategis ...


JAKARTA – Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Sadu Wasistiono mengatakan, desa membagun telah menjadi konsep strategis bagi pembangunan nasional. Di mana partisipasi masyarakat desa menjadi salah satu kunci sukses pembangunan nasional yang dinahkodai pemerintahan Jokowi-JK.
Karena itu menurut Sadu, proses pembangunan sudah tidak bisa lagi menjadikan masyarakat desa sebagai objek, apalagi sekadar penonton. Masyarakat desa harus menjadi pelaku utama pembangunan, sehingga upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa menjadi keniscayaan.
"Proses pembangunan  dan menemukan inovasi itu kata kuncinya. Inisiatif kreativitas masyarakat desa harus ditingkatkan dalam konsep pembangunan yang bersifat bottom up seperti sekarang," jelas Sadu di sela-sela peluncuran Indeks Desa Membangun (IDM) yang dilakukan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Senin (19/10).
Untuk daerah tertinggal, kata Sadu, harus ada pendampingan intensif sekaligus transfer ilmu. Agar kelak masyarakat bisa meningkatkan partisipasinya dalam pembangunan. Termasuk pendampingan dalam memberi pelayanan, agar desa tertinggal bisa segera membangun.
Selain itu, Sadu juga mengingatkan bahwa kementerian dan lembaga lain sebaiknya tidak lagi hanya terfokus pada program-program non pemberdayaan langsung ke desa, karena sistem itu tidak bisa membangkitkan partisipasi masyarakat.
"Yang penting sekarang program harus memberi titik tekan pada pemberdayaan masyarakat desa. Kalau program haya bersipat top down dari pusat ke desa, maka tak ada sisi pemberdayaannya," ujar Sadu.(gir/jpnn)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.